Kamis, 03 Januari 2019

Tugas 8 Arsitektur Family Computer IBM PC

ARSITEKTUR FAMILY COMPUTER IBM PC

 

IBM PC adalah sebutan untuk keluarga komputer pribadi buatan IBM, IBM PC diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, dan (dipensiunkan) pada tanggal 2 April 1987.
Sejak diluncurkan oleh IBM, IBM PC memiliki beberapa keluarga antara lain:
· IBM 4860 PCjr
· IBM 5140 Convertible Personal Computer (laptop)
· IBM 5150 Personal Computer (PC yang asli)
· IBM 5155 Portable PC (sebenarnya merupakan PC XT yang portabel)
· IBM 5160 Personal Computer/eXtended Technology
· IBM 5162 Personal Computer/eXtended Technology Model 286 (sebenarnya merupakan PC AT)
· IBM 5170 Personal Computer/Advanced Technology
FAMILI IBM PC DAN TURUNANNYA
Komputer personal pertama kali muncul setelah diperkenalkan mikroprosesor, yaitu chip tunggal   yang terdiri dari set register , ALU dan unit control komputer.
IBM PC merupakan arsitektur bus tunggal yang disebut PC I/O Channel BUS atau PC BUS
PC BUS melengkapi PC dengan 8 jalur data, 20 jalur alamat, sejumlah jalur kontrol dan ruang alamat fisik PC adalah 1 MB.

KOMPONEN IBM PC:
· Sistem Kontrol BUS
· Sistem Kontrol Intrerrupt
· Sistem Kontrol RAM dan ROM
· Sistem Kontrol DMA
· Timer
· SistemKontrol I/O
SISTEM SOFTWARE:
· Penetapan Alamat Port I/O
· Penetapan Vector Interrupt
· ROM BIOS
· Penetapan Alamat Memori
MANFAAT ARSITEKTURAL ARSITEKTUR PC:
· Kemudahaan penggunaan
· Daya Tempa
· Daya Kembang
· Expandibilitas
Chipset adalah set dari chip yang mendukung kompatibel yang mengimplementasikan berbagai fungsi tertentu seperti pengontrol interupt, pengontrol bus dan timer.
Chip khusus yang di sebut koprosesor yang beroperasi bersama dengan CPU guna meningkatkan fungsionalitasnya.

· Sistem Kontrol BUS: Pengontrol BUS, Buffer Data, dan Latches Alamat
· Sistem Kontrol Interrupt: Pengontrol Interrupt
· Sistem Kontrol RAM dan ROM: Chip RAM dan ROM, Decoder Alamat, dan Buffer
· Sistem Kontrol DMA: Pengontrol DMA
· Timer: Timer Interval Programmable
· Sistem Kontrol I/O: Interface Paralel Programmable
System software adalah abstrak, tidak memiliki bentuk fisik. Software tidak dibatasi oleh material serta tunduk pada hukum-hukum fisika atau oleh proses-proses manufaktur. Pengembangan software serta pengelolaan proyek pengembangan software adalah sulit karena kenyataan-kenyataan sebagai berikut: 
· Kompleks, sehingga sulit untuk dipahami
· Tidak tampak, maka pengukuran kualitas software agak   sulit dilakukan dan sulit melacak kemajuan pengembangannya
· Mudah berubah, karena mudah untuk dimodifikasi namun kita sulit sekali melihat terlebih dahulu konsekuensi dari perubahan-perubahan yang dilakukan. 
Software komputer adalah produk yang dihasilkan melalui serangkaian aktivitas proses rekayasa atau pengembangan, yang menghasilkan aktivitas berupa:
· Dokumen-dokumen yang menspesifikasikan program yang hendak dibangun
· Program yang dieksekusi komputer
· Dokumen yang menjelaskan program dan cara kerjanya program
System software
· Penetapan Alamat Port I/O
· Penetapan Vector Interrupt
· ROM BIOS
· Penetapan Alamat Memori
Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya yaitu:
· Aplicability
· Maleability
· Expandibility
· Comptible
Kinerja Sistem Untuk mengukur kinerja sistem, ada serangkaian program yang standard yang dijalankan yang biasa di sebut Benchmark pada komputer yang akan diuji.

Ukuran Kinerja CPU:
· MIPS (Million Instruction PerSecond)
· MFLOP (Million Floating Point PerSecond)
· VUP (VAX Unit of Performance)
Ukuran Kinerja I/O Sistem:
· Operasi Bandwith
· Operasi I/O Perdetik
Ukuran Kinerja Memori:
· Memoy Bandwith
· Waktu Akses Memori
· Ukuran Memori  
Biaya Sistem
Biaya dapat diukur dalam banyak cara diantaranya:
· Reliabilitas
· Kemudahan Perbaikan
· Konsumsi daya
· Berat
· Kekebalan
· Interface Sistem Software


Daftar Pustaka:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar